Sunday, June 3, 2012

Apa dan Bagaimana Usaha Kecil Yang Menguntungkan

Apa dan Bagaimana Usaha Kecil Yang Menguntungkan - Usaha kecil yang menguntungkan selalu menjadi topik menarik bagi banyak orang. Di tengah semakin sulitnya mencari pekerjaan dan merugikannya sistem outsourcing saat ini membuat hidup di jaman sekarang terlihat semakin susah. Maka dari itu pilihan untuk membuka usaha sangat diminati sekarang. Untuk membuka usaha kita harus tahu dulu usaha seperti apa yang kita ingin tekuni. Apakah itu termasuk usaha besar sehingga memerlukan modal yang besar pula, atau usaha kecil yang tentunya bermodal kecil juga. Bila anda tidak mempunyai banyak uang tabungan, anda bisa memilih usaha dengan modal yang cukup ringan, yaitu usaha bermodal kecil. Usaha bermodal kecil pun harus anda klasifikasikan lagi, apakah usaha anda itu termasuk usaha dalam bidang jasa, bidang produksi, penjualan atau supplier keperluan tertentu. Karena modal yang dipakai untuk membuka usaha anda kecil, anda harus cermat memilih jenis usaha yang bisa bergerak maju dengan modal yang anda miliki itu.

Untuk menjadikan usaha anda sebagai usaha kecil yang menguntungkan, anda harus membuat target waktu dalam pencapaian usaha dengan modal yang minim. Buatlah target yang rasional seperti dalam waktu 6 bulan anda ingin mendapatkan laba berapa banyak atau dalam waktu 6 bulan anda sudah mempunyai pelanggan berapa banyak. Dengan menetapkan target waktu yang rasional, anda juga akan lebih mudah mencapainya, tentunya diiringi oleh kerja yang maksimal juga. Jangan lupa untuk menentukan pangsa anda atau bisa disebut target pasar dari usaha anda. Jangan sampai anda menawarkan produk anda pada pangsa pasar yang salah. Dan yang terakhir dan tak kalah penting adalah belajarlah dengan para pesaing anda dan buatlah standard produk anda sendiri, agar berbeda dari pesaing-pesaing anda di luar.

Mengenai macam-macam usaha kecil yang bisa anda lirik adalah seperti sebagai berikut, wedding organizer, jual pakaian, penjual souvenir dan sebagainya. Kita ambil salah satu contohnya wedding organizer. Usaha ini termasuk usaha penyedia bukan usaha produksi, maka modalnya bisa kita siasati. Modal untuk membuka sebuah WO tidak besar, anda hanya perlu mempunyai banyak kenalan dalam berbagai keperluan pernikahan seperti florist, catering, jasa pembuatan souvenir dan kartu undangan, jasa fotografer, dan sebagainya. Selain itu kecakapan berkomunikasi juga sangat diperlukan dalam bidang ini, jadi sabarlah dalam mendengar apa mau klien yang ingin memakai WO anda, dan bersiaplah memiliki usaha kecil yang menguntungkan.

0 comments:

Post a Comment